,

Cara Menumbuhkan Microgreens dari Benih Hingga Panen Hanya dalam 1-2 Minggu

Cara Menumbuhkan Microgreens

Mulai dari benih hingga panen hanya dalam beberapa minggu saja.

Apa itu microgreens? Juga dikenal sebagai “sayuran confetti,” istilah microgreen kadang-kadang disamakan dengan kecambah – biji kecambah yang dimakan akar, biji dan tunas. Microgreens, bagaimanapun, termasuk berbagai sayuran hijau yang tidak dapat dimakan, dipanen dengan gunting kurang dari sebulan setelah perkecambahan, ketika tanaman setinggi 2 inci. Batang, kotiledon (atau daun biji) dan set pertama daun sejati semuanya dapat dimakan.

Benih mana yang paling berhasil? Salad hijau, sayuran berdaun, rempah-rempah dan bahkan bunga yang dapat dimakan dapat ditanam sebagai microgreens, meskipun beberapa varietas lebih cocok daripada yang lain. Pemula sering memulai dengan menanam satu jenis benih, seperti brokoli, kembang kol, kol, sawi, chia, bunga matahari atau gandum – di antara varietas microgreens yang paling mudah tumbuh – dalam satu wadah. (Anda dapat dengan mudah menanam benih yang berbeda di beberapa wadah, dan mencampur microgreens Anda setelah panen.)

Anda juga dapat menemukan benih untuk campuran salad dan campuran microgreen terpilih khusus yang menggabungkan sayuran dengan tingkat pertumbuhan yang sama, rasa yang kompatibel dan pewarnaan yang indah termasuk merah, ungu dan hijau. Karena mereka diciptakan dengan kesuksesan penanam, mereka juga merupakan pilihan yang baik untuk pemula.

Microgreens di ambang jendela
Mikro hijau yang baru saja berkecambah, tumbuh di ambang jendela yang menghadap ke selatan.

Microgreens tumbuh di bawah lampu
Microgreens tumbuh di bawah lampu Taman Sunlite .

Di mana saya mulai? Mulailah dengan ambang jendela yang hangat dan cerah (sinar matahari langsung dari jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal) dan sebuah wadah kecil yang bersih. Piring take-out plastik dan piring pie sekali pakai berfungsi dengan baik, seperti halnya buah-buahan atau kotak salad yang bening. Jika wadah yang Anda pilih tidak memiliki drainase internal, tusuk beberapa lubang drainase di bagian bawah. Kemudian, bersiaplah untuk menanam:

  1. Baca paket seed untuk melihat apakah ada instruksi khusus.
  2. Tutupi bagian bawah wadah dengan satu atau dua inci tanah pot atau campuran yang dibasahi. Ratakan dan ratakan dengan tangan atau selembar karton kecil, berhati-hatilah agar tidak terlalu menekan tanah.
  3. Menyebarkan biji secara merata di atas tanah. Tekan dengan lembut ke tanah menggunakan tangan Anda atau karton.
  4. Tutupi benih dengan lapisan tanah yang tipis. Basahi permukaan dengan mister. Jika Anda suka, Anda dapat melewati langkah ini dan alih-alih menutupi wadah dengan tutup bening atau bungkus plastik sampai biji tumbuh.
  5. Sambil menunggu kecambah muncul, biasanya dalam tiga sampai tujuh hari, gunakan mister sekali atau dua kali sehari untuk menjaga tanah tetap lembab tetapi tidak basah.
  6. Setelah biji tumbuh, lepaskan penutup (jika Anda pernah menggunakannya) dan terus kabut sekali atau dua kali sehari.

Microgreens membutuhkan sekitar empat jam setiap hari dari sinar matahari langsung untuk berkembang. Pada bulan-bulan musim dingin, beberapa mungkin membutuhkan lebih banyak lagi.Sayuran hijau pucat dan berkaki panjang adalah pertanda tidak cukupnya sinar matahari.Kebutuhan cahaya juga dapat dipenuhi dengan cahaya tumbuh yang memiliki output panas rendah – Anda tidak ingin menghanguskan hijau lembut Anda.

Jika iklim Anda cocok, sayuran hijau juga bisa ditanam di luar ruangan di kebun, di bawah naungan.Seperti semua bibit rapuh, Anda harus melindunginya dari cuaca ekstrem dan angin kering, belum lagi hama kebun yang lapar.

Kapan saya panen? Bergantung pada jenis biji yang Anda pilih, sayuran hijau Anda akan siap panen sekitar dua hingga tiga minggu setelah tanam. Cari set pertama “daun sejati” sebagai tanda kesiapan. Kemudian ambil gunting Anda dan potong hijau tepat di atas garis tanah.

Untuk menyajikannya, cuci microgreens dengan air dan keringkan dengan handuk kertas atau pemintal salad. Panen dan sajikan segera untuk rasa segar, dan tambahkan ke sup, salad, sandwich atau hidangan utama. Simpan sisa potongan microgreens dalam kantong plastik di kulkas Anda.