,

Cara Memanjangkan Rambut Dalam Seminggu Secara Alami dan Cepat

Mungkin Anda menyesali gaya rambut pendek Anda atau mencoba menumbuhkan rambut dengan cepat untuk menghadiri sebuah acara namun Anda tidak yakin bagaimana cara mendorong pertumbuhan rambut hanya dalam seminggu. Melakukan hal-hal sederhana seperti menyesuaikan rutinitas perawatan rambut dan mencoba perawatan rambut bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat dalam waktu singkat. Anda juga bisa membuat penyesuaian pola makan sehingga Anda akan makan makanan dan mengonsumsi vitamin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

1. Menggunakan Perawatan Rambut

  1. Lakukan pemijatan kulit kepala dengan minyak hangat. Pemijatan kulit kepala dengan minyak hangat menggunakan minyak alami untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak argan bisa digunakan selama pemijatan kulit kepala. Perhatikan, pemijatan kulit kepala dengan minyak hangat belum terbukti secara ilmiah mendorong pertumbuhan rambut yang lebih cepat. 
    • Mulailah dengan menghangatkan minyak di atas kompor atau di dalam microwave. Coba dulu minyaknya sebelum digunakan untuk memastikan minyak tersebut tidak terlalu panas; Anda memerlukan suhu yang nyaman sehingga tidak akan merusak kulit kepala atau rambut.
    • Gunakan jari untuk memijat kulit kepala menggunakan minyak hangat dengan gerakan memutar dan pelan. Jika ada pasangan atau teman, mintalah mereka untuk membantu memijat kulit kepala Anda. Mintalah untuk memijat kepala dengan ujung jari selama 20 menit.
    • Lalu, usapkan minyak ke seluruh rambut dan diamkan selama 30 menit. Keramaslah, mungkin lebih dari sekali, untuk menghilangkan minyak.
  2. Buatlah masker rambut. Berikan krim pertumbuhan rambut pada rambut dan rangsanglah folikel rambut untuk tumbuh lebih cepat dengan membubuhkan masker rambut satu atau dua kali seminggu. Anda bisa membuat masker minyak alami atau belilah masker rambut di toko obat setempat. 
    • Campurkan 250 ml minyak kelapa dengan 1 sendok makan minyak almon, minyak macadamia, dan minyak jojoba. Bubuhkan masker pada rambut yang basah dan biarkan selama 10 menit. Lalu, keramaslah dan berikan kondisioner seperti biasa.
  3. Cobalah perawatan dengan minyak jarak. Minyak jarak dikenal karena efeknya yang bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Menggunakan masker rambut minyak jarak bisa membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat dan lebih sehat. 
    • Mulailah memijat kulit kepala dengan minyak jarak dan biarkan minyak tersebut menyerap ke dalam rambut. Bungkuslah rambut dan kepala dengan penutup kepala plastik untuk mandi sehingga minyaknya tetap melekat. Anda perlu memberi alas handuk di atas bantal sehingga minyak tidak menempel pada sarung bantal.
    • Biarkan minyak semalaman. Keesokan paginya, keramaslah dan berikan kondisioner seperti biasa, dengan memastikan seluruh minyaknya hilang.
  4. Oleskan cuka sari apel untuk membilas rambut. Cuka sari apel sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, lemak, dan minyak pada rambut, juga sisa-sisa produk penataan rambut. Anda bisa menggunakan cuka sari apel sebagai alternatif alami pada hari-hari saat Anda tidak menggunakan sampo atau bubuhkan setelah melakukan rutinitas penggunaan sampo dan kondisioner. [5]
    • Tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam 500 ml air dan bilaslah rambut dengan campuran ini. Meskipun air memiliki bau cuka yang tajam, namun bau ini akan hilang.

2. Menyesuaikan Rutinitas Perawatan Rambut

  1. Keramaslah dua atau tiga kali seminggu. Mengurangi rutinitas keramas menjadi dua hingga tiga kali seminggu akan membuat minyak di kulit kepala meresap ke dalam rambut. Dengan demikian rambut bisa melembapkan dan memperbaiki kondisinya. 
    • Jika kulit kepala terlihat sangat berminyak atau gatal setelah keramas dua hingga tiga kali seminggu, Anda perlu meningkatkan waktu keramas setiap minggu. Untuk mengeramas rambut dengan tepat, gosokkan sampo pada kulit kepala, sambil memijat kulit kepala ketika Anda melakukannya, lalu biarkan sampo membasahi helai-helai rambut ketika membilas rambut.
    • Tidak seperti sampo, penting untuk selalu melembapkan rambut ketika mandi. Kondisioner bisa membantu menggantikan lipid dan protein pada batang rambut dan membuat rambut tumbuh lebih panjang dan lebih sehat.
  2. Bilas rambut dengan air dingin setelah mandi. Membilas rambut dengan air dingin setelah mandi air panas bisa membantu menutup kutikula dan membuat rambut lebih kuat ketika ditata. 
    • Anda sebaiknya juga mempertimbangkan untuk menurunkan suhu air mandi ketika mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner sehingga rambut tidak terkena air yang terlalu panas dan beruap.
  3. Jangan bungkus rambut basah dengan handuk. Meskipun Anda mungkin punya kebiasaan membungkus dan memelintir rambut dengan handuk ketika selesai mandi, hal ini bisa menyebabkan kerusakan dan ketegangan pada rambut. Rambut basah sangat rapuh, jadi gantilah cara membungkus rambut menggunakan handuk sehabis mandi dengan menepuk-nepuk rambut menggunakan handuk kering. 
    • Jika ingin membungkus rambut dengan handuk, Anda bisa menggunakan handuk tipis dan handuk serat mikro lembut. Handuk-handuk ini dibuat dari bahan yang lembut untuk rambut dan bisa mengeringkan rambut tanpa merusaknya.
  4. Sikatlah rambut sebelum tidur. Menyikat rambut setiap hari tidak baik untuk rambut dan menghambat pertumbuhannya. Sebaliknya, gunakan sikat bulu babi untuk menyikat rambut sebelum tidur. Hal ini akan membantu menyebarkan minyak ke kulit kepala dan rambut sehingga tetap lembap secara alami. 
    • Mulailah dari kulit kepala dan gunakan usapan yang rata pada tiap bagian rambut setidaknya satu kali. Menyikat rambut sekali sehari sebelum tidur juga bisa meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala, yang bisa meningkatkan kesehatannya dan mendorong pertumbuhan rambut. Meskipun menyikat rambut belum terbukti secara ilmiah memicu pertumbuhan rambut yang lebih cepat, cara ini bisa meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.
  5. Hindari peralatan penataan rambut yang panas. Salah satu cara paling umum yang bisa merusak rambut dan menghambat kemampuan rambut untuk tumbuh adalah menggunakan peralatan penataan rambut yang panas seperti pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut. Cobalah kurangi atau hilangkan penggunaan peralatan dari rutinitas perawatan rambut. Cobalah penampilan rambut yang alami sehingga tidak menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. 
    • Jika menggunakan peralatan penataan rambut yang panas, Anda sebaiknya menggunakannya dengan pengaturan panas rendah dan gunakan gel atau krim pelindung panas untuk menghindari kerusakan rambut.
  6. Lakukan pemotongan rambut. Meskipun tampak tidak masuk akal memotong rambut untuk mendorong pertumbuhan rambut yang cepat, meminta penata rambut untuk memotong rambut Anda bisa membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat dan lebih sehat. Memotong rambut secara teratur akan mencegah ujung rambut yang bercabang agar tidak mempengaruhi helai rambut, yang akan mengurangi kebutuhan untuk memotong rambut. Ujung rambut bercabang bisa menyebabkan rambut rusak hingga ke helai atas rambut, sehingga rambut menjadi lebih pendek dan Anda harus lebih sering mengunjungi penata rambut. 
    • Penata rambut akan memotong rambut sepanjang ½ cm setiap 10-12 minggu sekali untuk mencegah terjadinya ujung rambut bercabang yang rusak. Cobalah untuk membuat perjanjian yang konsisten dengan penata rambut langganan sehingga rambut tetap sehat dan tidak bercabang.

3. Menyesuaikan Pola Makan dan Kebiasaan

  1. Konsumsilah suplemen pendorong pertumbuhan rambut. Multivitamin yang diformulasikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut mungkin adalah pilihan yang baik jika makanan tidak cukup memenuhi nutrisi pertumbuhan rambut. Carilah vitamin yang berlabel “Untuk rambut” seperti tablet biotin, yang mengandung vitamin utama seperti biotin, vitamin C, dan vitamin B yang mendorong kesehatan rambut. Suplemen-suplemen ini bisa membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan lebih sehat. 
    • Sebelum mengonsumsi suplemen, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan dosis yang tepat dan suplemen tersebut tidak berinteraksi secara negatif dengan obat apa pun yang sedang Anda konsumsi saat ini.
  2. Makanlah makanan yang tinggi protein. Meningkatkan asupan protein akan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan memastikan rambut tidak mengalami kebotakan atau kerontokan. Pastikan asupan makanan yang seimbang terdiri dari daging, ikan, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Jika Anda vegetarian, pastikan untuk mendapatkan protein yang cukup melalui makanan berbahan kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 
    • Jika ingin mengikuti diet protein tinggi, penting untuk memilih sumber-sumber protein dengan bijak. Hindari daging olahan atau produk berbahan susu lemak tinggi, karena bisa memicu masalah kesehatan lain. Pastikan Anda juga mendapatkan karbohidrat sehat yang cukup dalam makanan yang tinggi serat dan penuh nutrisi seperti gandum utuh, buah, dan sayuran.
  3. Cobalah metode “terbalik”. Metode “terbalik” adalah ketika Anda membalikkan kepala sehingga berada dekat jantung, mendorong aliran darah yang bisa mendorong pertumbuhan rambut. Sebagian orang yang terbiasa dengan metode terbalik dapat melihat hasil yang nyata, yaitu pertumbuhan rambut sepanjang 0,6 hingga 1,2 cm setelah satu minggu. Meskipun tak ada bukti ilmiah kalau metode ini bisa digunakan, ini bukan metode membahayakan yang bisa Anda coba untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. 
    • Anda bisa memijat kulit kepala dengan minyak kelapa sebelum membalikkan kepala selama 4 menit sehari untuk mendorong pertumbuhan rambut. Anda mungkin juga perlu mengukur panjangnya rambut di awal minggu sehingga bisa mencatat kemajuannya.
    • Lakukan metode terbalik dengan berbaring di tempat tidur dan membiarkan kepala menggantung di pinggiran tempat tidur sehingga leher ditopang pinggiran tempat tidur. Anda harus mencoba untuk tetap berada dalam posisi ini selama 4-5 menit sehari. Anda juga bisa melakukan pose yoga seperti downward dog (tubuh membungkuk, tangan dijulurkan hingga menyentuh lantai), shoulder stand (tubuh berbaring sambil bertumpu pada bahu, lalu kaki diangkat lurus ke atas), atau head stand (berdiri terbalik dengan bertumpu pada kepala yang berada di bawah). Tujuannya adalah agar kepala berada di atas jantung, sehingga darah mengalir ke kepala.
    • Berhentilah melakukan metode terbalik ini pelan-pelan agar Anda tidak merasa pusing. Di akhir minggu, ukurlah rambut lagi dan perhatikan seberapa panjang rambut tumbuh dalam satu minggu.

 

 

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *